oleh

Diskomonfopers Pasangkayu Sosialisasi Pencegahan Covid -19

-Pasangkayu-122 views

Pasangkayu, nuasainfo.com -Pemerintah pusat telah memberlakukan social distancing dalam mencegah penyebaran wabah virus corona atau corona virus disease (COVID-19) di seluruh wilayah tanah air.

Pemerintah Pemkab Pasangkayu melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Suri Fitriah telah mengambil langkah untuk mensosialisasikan secara berkeliling untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat di wilayah pasangkayu, dan juga mensosialisasikan lewat social distancing tersebut khususnya melalui media sosial (medsos), Sabtu (21/3/2020).

Dikutip dari berbagai sumber, social distancing adalah praktik kesehatan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak tertentu dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan virus corona COVID-19.

Social distancing sendiri dianggap bisa mengurangi risiko penyebaran COVID-19, karena virus corona cepat menular dari manusia ke manusia melalui droplet (partikel air liur) ketika penderita bersin atau batuk.

Bentuk social distancing dapat dilakukan oleh setiap individu maupun dikoordinir langsung oleh pemerintah daerah kabupaten pasangkayu tersebut .

Selain itu, social distancing dapat dipraktekkan dengan menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain. Dengan jarak tersebut, maka dianjurkan tidak melakukan jabat tangan atau berpelukan saat bertemu satu sama lain.Bentuk social distancing oleh individu adalah tidak mendatangi tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, food court, event besar yang dihadiri banyak orang, ruang publik, tempat pariwisata dan lainnya.

Sementara social distancing yang diatur langsung oleh pemerintah seperti penangguhan event besar dan menutup ruang publik seperti tempat wisata.

Pihak Diskominfopers Pasangkayu mensosialisasikan melalui infografis social distancing atau pembatasan aktivitas sosial dengan cara, hindari pertemuan atau kontak fisik langsung, video call untuk mengganti bertemu dan tatap muka, batalkan atau tunda pertemuan yang melibatkan massa yang banyak, hindari perjalanan jauh, dan utamakan bekerja atau beraktivitas di dalam rumah.

Selain itu, Dikominfopers Pasangkayu juga mengajak masyarakat untuk jaga kebersihan dan kesehatan dengan cara, jangan menyentuh langsung permukaan benda yang banyak disentuh orang terutama pada tempat-tempat umum, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan pencuci tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer, jaga tubuh tetap fit agar tidak mudah terserang penyakit dengan menjaga makanan dan olahraga rutin dihalaman rumah, serta jaga kebersihan lingkungan. (Aso)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed