oleh

Resep Putu Manyang, Kue Tradisional Kini Jarang Di Temukan Generasi Sekarang

Nuansainfo.com _ Putu manyang ini salah satu kue tradisional yang ada di sulawesi barat khususnya di polewali mandar, makanan ini semakin hari semakin susah dicari.

Kue putu manyang ini bisa dibilang bermusiman baru kita bisa dapatkan seperti di bulan, suci ramadhan, hari raya idil fitri/adha, hari besar islam, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kue tradisional ini memang di setiap daerah ada tapi di daerah polewali mandar memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari cetakan sampai cara pembuatannya. Daripada hanya terbayang-bayang di ingatan, kami coba membagi resep putu mayang ini persi di daerah polewali mandar.

Bahan :

250 gr tepung beras
1 gelas terigu
1 sdm minyak untuk mengoles daun pisang secukupnya

(masak semua bahan sampai mendidih) :

– 1 buah gula merah

– 1 buah kelapa

– 1 lembar daun pandan

Cara Pembuatan :

Adonan putu manyang setelah dicetak. Campur tepung beras, dan gandum baru diaduk secara merata. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga menggumpal. Angkat lalu aduk kembali hingga merata.

Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu manyang. Tekan sambil ditampung di atas daun pisang yang sudah diolesi minyak. Kukus selama 20 menit sejak air mendidih. Angkat. Sajikan bersama gula merah yang sudah di cairkan dan kelapa yang sudah di parut.

Membuat kue tradisional ini bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Hal ini karena pada umumnya kue ini menggunakan bahan bahan yang mudah digunakan dan memiliki rasa yang legit. Salah satunya adalah putu manyang yang sudah dikenal oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan legit. Untuk membuat putu mayang cukuplah mudah dan tidak membutuhkan bahan bahan yang dibuat.(Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed