oleh

Pemda Majene Kembangkan Tanaman Porang

Majene, Nuansainfo.com — Setelah menyerap ilmu dari Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan beberapa minggu yang lalu, Para petani di Dusun Lambe-Lambe Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana akhirnya memulai penanaman perdana tanaman porang  Senin 21 Juni 2021.

Porang merupakan tanaman umbi-umbian yang pemanfaatanya diolah menjadi tepung yang untuk bahan baku industri  kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan. Tanaman porang yang awalnya dikenal sebagai tanaman liar tersebut, justru memiliki  pasar ekspor yang menjanjikan. Sehingga tidak salah pihak Kementerian Pertanian RI sangat konsen dengan budidaya tanaman tersebut.

Kadistanakbun  Burhan Usman yang hadir dalam penanaman perdana tersebut mengatakan penanaman perdana tanaman porang  sekaligus menjadi demplot di Majene. Pasalnya komoditas porang tersebut merupakan komoditi unggulan atau super priorotas dari Kementerian Pertanian RI. Bahkan Menteri Pertanian telah menyiapkan anggaran yang cukup besar bagi pengembangan tanaman porang, mengingat budidaya tanaman tersebut telah lama digaungkan.

Untuk memulai penanaman, terlebih dahulu baik para petani dan penyuluh pertanian telah mempelajari lebih jauh tentang tanaman porang hingga ke Sidrap bersama Bupati Majene.

” Seusai kunjungan dari Sidrap, Bupati menyarankan agar kita membuat dahulu demplot nya sebelum masyarakat terjun menanam juga ” ujar Burhan.Ia juga mengingatkan para petugas lapangan agar tetap berhati-hati terhadap off taker, krn disinyialir saat ini bnyk off taker yang liar dan tidak resmi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.(Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed