oleh

Pemda Majene Ajukan Peningkatan Transformasi BLK

MAJENE,NUANSAINFO.COM — Pemerintahh kabupaten Majene yang tengah mengajukan peningkatan rencana transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) menjadi (UPTP) Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Tenaga Kerja ke Kementerian Ketenagakerjaan RI. Merespon hal tersebut, Plt. Direktur Lemlat, Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI Hery Budoyo bersama Kepala BBPLK Medan M. Ali Hapsah melakukan pertemuan  dengan Pemerintah kabupaten Majene Kamis malam 11 Maret 2021 di Rumah Jabatan Bupati. Mereka di sambut langsung Bupati Majene, Ketua DPRD Majene dan Pj. Sekda Majene.

Plt. Direktur Lemlat, Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI Hery Budoyo mengatakan kedatangannya ke Majene untuk melihat secara langsung kesiapan BLK Majene, yang rencananya akan ditingkatkan menjadi UPTP Tenaga Kerja. Pihaknya tengah mensurvey kesemua kabupaten yang mengajukan diri, hasil dari tinjauan lapangan tersebut selanjutnya bakal dilaporkan ke Dirjen, sementara hasilnya akan diputuskan oleh Ibu Menteri. Ia juga menyampaikan jika BLK Majene menjadi UPTP di Sulbar, maka warga Sulbar tidak perlu lagi ke Medan, Bandung atau daerah lainnya untuk dilatih” karena disini sudah dapat dilakukan pendidikan pelatihan yang mumpuni, Termasuk melatih kompetensi untuk PMI (Pekerja Migran Indonesia) atau TKI Ini untuk pengembngan kantong2 TKI / PMI di Sulbar kedepannya” bebernya.

Kepala BBPLK Medan M. Ali Hapsah menambahkan agar akses jalan yang ada di BLK sekarang tidak menjadi akses umum, karena salah satu persyaratan yang dibutuhkan yaitu semua fasilitas UPTP berada dalam 1 kompleks, hal tersebut untuk pengamanan juga bagi UPTP kelak. ” Kami harap pihak Pemda. Majene juga dapat jalin komunikasi dengan Pemprov. Sulbar dalam hal ini  Gubernur Sulbar, agar pendirian UPTP di Majene dapat segera direalisasikan ” ucapnya.

Pertimbangan lainnya lanjut Ali Hapsah penempatan UPTP di Majene sangat strategis, karena bisa mencakup semua wilayah di Sulbar, bila digabung penduduk Polman dan Majene maka ihal tersebut mencukupi 60% penduduk Sulbar.

Bupati Majene Lukman merespon baik dan berbahagia jika UPTP Tenaga kerja dapat didirikan di Majene. Untuk memacu pengembangan profesional kerja maka SDM harus punya nilai tambah sebagai pusat pelayanan pendidikan untuk pengembangan SDM.  Terakait lahan, lanjut Lukman pembangunan UPTP telah di komunikasikan dengan Dinas Perkimtan, dan segera ditindak lanjuti.
“ Insyaa Allah semua syarat pembangunan UPTP Majene dapat dipenuhi, karena Pemerintah dan masyarakat Majene sangat mengharapkan UPTP dapat terwujud di Majene.”

Sekda. Majene Suyuti juga menyampaikan UKM kami di Sulbar sebanyak 5.000 lebih, bila UPTP ini terbentuk di Majene, maka hal tersebut akan bersinergi, bagi pengembangan SDM Majene. “ Selanjutnya Pemerintah Kab. Majene akan menyiapkan proses nya, dan akan menjadi tanggung jawab saya juga selaku Pj. Sekda Majene “ ucap Suyuti.

Turut hadir bersama rombongan, Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, Firdaus Atawuwur, Kadis. Tenaga Kerja Sulbar. Sementara dari OPD Majene Kadisnakertrans Hamsinah dan Kadis. Perkimtan Lies Hirawati.(Rls/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed