oleh

Komisi I DPRD Majene Imbau Masyarakat Ikut Awasi Program “MARASA”

MAMUJU, NUANSAINFO.COM — Komisi I DPRD Majene bertandang ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulawesi Barat (Sulbar) untuk koordinasi program Marasa.

Komisi I bertemu langsung Kepala Dinas PMD Sulbar dan berdiskusi terkait pelaksanaan program unggulan provinsi itu di Kabupaten Majene.

Ketua Komisi I, Napirman menjelaskan, tahun ini terdapat 20 desa di Majene yang akan menerima program Marasa. Tiap desa nantinya mendapatkan suntikan dana sebesar Rp200 juta.

“Program Marasa yang merupakan salah satu perogram unggulan pemerintah provinsi yang memberikan bantuan keuangan pada desa secara bertahap,” jelas Napirman, Jumat (3/7/2020).

Dijelaskan, anggaran Rp.200 juta akan dialokasikan 30 persennya atau Rp60 juta untuk penanganan Covid-19. Itu sudah termasuk biaya operasional tim sebesar 3 persen.

Penangganan Covid-19 akan disalurkan pada para ibu yang terjaring dalam data penerima BLT dana desa. Bantuannya berbentuk sembako dengan nilai yang disesuaikan jumlah penerima BLT dana desa.

Hanya saja perhitungaannya berdasarkan HOK dengan kerja bakti atau gotong royong menjaga kebersihan lingkungan rumah.

“Jadi ada dua sasaran yang bisa langsung dicapai yaitu mendapat bantuan sembako dan sekaligus rumah dan lingkungannya dibersihkan,” terangnya.

Sementara itu, 70 persen sisanya akan digunakan untuk program pemberdayaan. Jenis kegiatannya sudah disiapkan dan nantinya akan disesuaikan kebutuhan prioritas desa.

Ia berharap program ini diawasi oleh masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). DPRD pun akan memonitoring program tersebut agar memiliki asas manfaat. (Red)

Penulis: Nuansainfo.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed