oleh

Keterampilan dan kemandirian Sebagai Wadah Pembinaan RUTAN MAMUJU

Mamuju, nuansainfo.com – Pembinaan keterampilan dan kemandirian yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna meningkatkan kemampuan dan mengasah keterampialan para narapidana.

Hal ini dilakukan agar keterampialn Warga Binaan tersebut dapat diimplementasikan di tengah – tengah masyarakatjika telah bebas.

Ini juga sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan yakni meningkatkan kapasitas dan kemampuan warga binaan melalui kegiatan pembinaan. Jumat 02 Oktober 2020

Seperti yang terpantau, para warga binaan di rutan Kelas IIB Mamuju seperti hari – hari biasanya melakukan kegiatan rutin dalam hal pembinaan kemandirian dan keterampilan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan perbengkelan, kerajinan, pertukangan dan pertanian.

Pada kegiatan Perbengkelan para warga binaan melakukan perbaikan kendaraan dan pengelasan.

Kegiatan kerajinan Warga Binaan membuat hasta karya seperti pembuatan kotak tissu, kaligrafi, alat musik cajon, bingkai foto , miniatur rumah adat dan pot bungan.

Selain itu, pada kegiatan pertukangan warga binaan dapat membuat lemari partisi, meja, kursi dan lemari buvet.

Sedangkan untuk kegiatan pertanian, dilakukan penanaman tanaman sayuran seperti sawi hijau, terong, kangkung cabut. Namun, pada kegiatan pembinaan pertanian itu dilakukan juga pembudidayaan buah naga, buah anggur dan buah melon.

Hal senada dikemukakan oleh Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Mamuju Bapak I Gusti Lanang, A.C.P, A.Md. IP, SH, M. Si. Beliau mengatakan, pembinaan kemandirian di Rutan Mamuju sudah sangat maju dan siap untuk berbaur di tengah – tengah masyarakat setelah bebas nanti.

“Para Warga Binaan di Rutan Mamuju untuk berbaur dan mengembangkan potensinya di tengah – tengah masyarakat berbekal keteampilan dan kemandirian di Rutan Mamuju”. Kata I Gusti kepada wartawan

“Adapun kedepannya dia akan meningkatkan mitra dengan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten untuk memberikan bantuan modal atau pelatihan tambahan kepada Warga Binaan yang telah Bebas”. ungkapnya

Selain itu, hasil dari Pembinaan Keterampilan dan Kemandirian di Rutan Mamuju seperti Hasta karya dan hasil meubel telah dipromosikan ke Masyaraka baik itu melalui iklan maupun media sosial.(Irham/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed