oleh

Bencana Alam Landa Sejumlah Daerah, Perempuan Bangsa Fokus Trauma Healing, Bantuan Perempuan dan Anak

MAJENE, NUANSAINFO.COM — Perempuan Bangsa memberikan bantuan ke sejumlah daerah bencana di Indonesia, yakni banjir bandang dan longsor di Bogor, gempa bumi di Sulawesi Barat,salah satunya di wilayah titik yang pusat gempa serta banjir di Kalimantan Selatan, Kabupaten Jember Jawa Timur, dan Manado.

Sebagai bentuk perhatian dpp PKB di sejumlah daerah yang terdampak bencana alam, gempa bumi yakni kabupaten majene khususnya kecamatan ulumanda dan malunda, kehadiran dpp PKB melalui dpp perempuan bangsa adalah bentuk kepedulian terhadap nasib para korban gempa bumi.

Dalam kunjungannya, DPP Perempuan bangsa menghibur dan melakukan healing kepada warga yang terdampak untuk mengurangi rasa traumatik atas bencana yang dialami warga Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda. Sabtu, 30 januari 2021.

Selain menghibur anak – anak juga membagikan sembako , guna meringankan beban masyarakat yang sampai minggu ke 3 setelah gempa masih bertahan di tenda pengungsian, selain sulawesi barat yang di kunjungi juga daerah daerah lain yang terdampak bencana alam.

Karena dalam keadaan seperti ini, warga masih masih trauma. Maka dibutuhkan pendekatan terkhusus bagi anak-anak akibat guncangan gempa bumi yang berkekuatan 5,9 dan 6,2 SR tersebut.

Perempuan Bangsa memberikan bantuan ke korban gempa sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing lokasi bencana, khususnya kebutuhan perempuan dan anak-anak.

“Perempuan dan anak sangat rentan dalam kondisi bencana, terlebih lagi saat ini juga masing berlangsung pandemi Covid-19. Selain harus menyelamatkan diri dari bencana, pengungsi juga tetap harus menjaga protokol kesehatan,” kata Ketua Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah, di Jakarta.

Menurutnya, kebutuhan tiap daerah pengungsian berbeda-beda. Misalnya di Sulawesi Barat, pengungsi membutuhkan trauma healing. Sehingga Perempuan Bangsa mengirimkan Tim yang akan mendongeng di lokasi pengungsian. Kemudian, bantuan-bantuan yang diberikan juga lebih banyak pada alat-alat bermain maupun hiburan untuk anak-anak seperti buku cerita, buku mewarnai, aneka mainan, boneka, dan sebagainya.

“Mereka butuh tidak hanya membutuhkan bantuan secara fisik seperti pakaian ataupun makanan. Kita juga membantu mereka secara psikologis, bagaimana agar dapat mengurangi trauma akibat gempa. Dan ketika gempa di Ambon, saat itu sebelum pandemi kami bermain bersama, mewarnai, dan bernyanyi bersama. Anak-anak terkesan dan senang,” papar Erma yang juga Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Selain trauma healing dan alat bermain, organisasi perempuan sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga memberikan bantuan lain berupa susu serta makanan bayi dan balita, pembalut dan pakaian dalam, pampers, pakaian perempuan dan anak-anak, masker, obat-obatan, paket sembako, dan sebagainya.

Sedangkan untuk pengungsi dan korban banjir di Bogor, Sulawesi Utara, Jember, dan Kalimantan Selatan bantuan spesifik yang diberikan selain bahan makanan, obat-obatan dan pakaian Perempuan Bangsa juga memberikan bantuan peralatan kebersihan.

Erma menegaskan bahwa pemberian bantuan ini juga sesuai dengan instruksi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar bahwa semua kader PKB diminta untuk membantu masyarakat yang paling membutuhkan. Saat ini, mengawali 2021 dengan terjadinya bencana alam di sejumlah daerah membuat pengungsi dan korban menjadi masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

Sekedar diketahui, selain obat-obatan dan pakaian, juga sebanyak 100 paket yang masing-masing berisi, gula, kopi,susu, susu laktogen pempers, minyak kayu puti, kopi, teh ,energen sabun mandi dan pepsodent.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed