oleh

Bawaslu RI: JMSI Di Harap Mengawal Pilkada

NUANSAINFO.COM, Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan, mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang bakal digelar Desember mendatang butuh banyak pengawasan. Salah satu pihak yang diharap dapat melaksanakan hal itu adalah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

“Kualitas pilkada ikut ditentukan oleh kualitas pengawasan publik. Semakin banyak pihak kredibel yang terlibat dalam mengontrol jalannya pilkada, semakin bagus kualitas pilkada tersebut,” kata Abhan saat bertemu dengan Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa; dan unsur pengurus JMSI lain di Jakarta, Kamis, 23 Juli 2020.

Abhan mengatakan JMSI adalah lembaga kredibel yang layak untuk mengawasi perhelatan akbar tersebut. Di JMSI, kata Abhan, berhimpun pengelola perusahaan media siber di Indonesia.

Kerja sama antara Bawaslu dan JMSI, kata Abhan, perlu dikemas hingga ke daerah-daerah. Dengan demikian, media massa siber, sebagai pemangku kepentingan pilkada, memahami kewajiban dan tanggung jawab untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

Abhan mengatakan seluruh kandidat yang berlaga di pilkada akan diumumkan pada 23 September 2020. Tiga hari kemudian, kata dia, seluruh kandidat diperkenankan menggelar kampanye. Di tengah pandemi corona, berkampanye melalui media siber menjadi satu instrumen efektif.

Menyambut keinginan tersebut, dalam waktu dekat, Teguh mengatakan bakal menggelar pertemuan virtual dengan seluruh pengurus dan anggota JMSI. “Kami berharap agar pemaparan secara virtual itu juga bisa diikuti oleh Bawaslu di daerah-daerah,” kata Teguh.

Ketua Bidang Kerja Sama Antarlembaga JMSI, Jayanto Arus Adi, mengatakan organisasi ini akan menggelar diskusi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri, serta partai politik.

“Diskusi-diskusi terbatas itu akan dilanjutkan dengan FGD yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk mendorong pelaksanaan pilkada yang bermartabat, demokratis, dan damai,” kata Jayanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed